Jalan Poros Desa/Alternatif Antar Kecamatan Dongko – Suruh Kabupaten Trenggalek Rusak Parah

indopers.net, Trenggalek

Masyarakat Desa Pringapus Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek menyebutkan dengan adanya sarana jalan di desanya yang rusak parah dan penuh lubang sejak tahun 2016. Namun hingga kini belum pernah diperbaiki padahal jalan tersebut merupakan akses jalan utama penghubung antar Kecamatan Dongko (Desa Pringapus)-Kecamatan Suruh (Desa Ngrandu dan Mlinjon).

Desa Pringapus adalah salah satu dari sepuluh desa di wilayah Kecamatan Dongko yang merupakan wilayah perbukitan dan pegunungan yang berjarak 30 Km dari pusat kota Trenggalek dan 6 Km sebelah timur Kecamatan Dongko. Pada akhir Desember 2020 jumlah penduduk : 5.912 jiwa/2.322 KK terbagi dalam 4 Dusun dan 45 RT. Sesuai data kemiskinan 760 KK (33%) merupakan penduduk miskin. Sebagian besar masyarakat berpenghasilan tergantung pada hasil bertani dan ternak.

Desa Pringapus merupakan desa paling utara di wilayah Kecamatan Dongko dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Suruh yaitu Desa Mlinjon dan Desa Ngrandu. Sehingga untuk akses masyarakat baik ekonomi, pendidikan maupun kesehatan sangat berkaitan erat dengan desa dan kecamatan tetangga.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Pringapus yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan,” Kondisi ruas jalan sampai saat ini rusak parah kalau musim hujan yang berlubang digenangi air, akibatnya banyak pengendara roda dua yang kerap kali mengalami kecelakaan. Dengan kondisi jalan yang rusak parah dan berlubang tentu sangat mengganggu aktifitas warga, khususnya saat mendistribusikan hasil bumi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari”.ucapnya (Jum’at, 08/01/2021).

Tamsi selaku Kades Pringapus didampingi Sekdes saat ditemui awak media Indopers mengatakan dan membenarkan,” Jalan poros rusak parah dan berlubang itu semenjak tahun 2016. Sebenarnya atas nama Pemerintah Desa(PEMDES) sudah kerap mengajukan usulan/proposal perbaikan jalan poros Desa Pringapus sepanjang ± 7.000 Meter. Namun belum mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR). Mengingat hal tersebut, keberadaan sarana transportasi yang layak dan memadai akan sangat menentukan capaian keberhasilan pembangunan di segala bidang. Namun dengan kondisi sepanjang jalan utama yang saat ini rusak parah tentu menjadi kendala yang sangat besar bagi masyarakat Desa Pringapus untuk menuju tempat pelayanan umum, seperti pasar desa, pasar kecamatan, Pustu/Polindes, pusat pemerintahan, tempat pendidikan ( SD – SMP Satu Atap) serta tempat wisata (Taman Pringgodani dan Jurug Dawung),”jelasnya.(Tier)

 249 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Satu Komando, Satu Tujuan, Satu Hati Dan Satu Identitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!